Unduh Adobe Flash player

10.10.12

Masalah Kurang Tidur

Kalau ngomongin soal tidur, setiap orang memiliki waktu tidur yang berbeda-beda, ada yang mempunyai rutinitas tidur yang teratur ada pula yang tidak teratur. Karena beragamnya aktivitas yang dilakukan pada malam hari, baik itu pekerjaan (lemburan) atau hanya sekedar ngobrol, bermain game online bahkan memang secara sengaja melakukan aktivitas tidak tidur pada malam hari tanpa alasan (begadangan). Alasan setiap orang yang tidak tidur pada malam hari pun berbeda-beda, mulai dari tidak bisa tidur kalau belum ngantuk ada juga yang tidak bisa tidur kalau belum sampai waktu subuh datang, dan lebih parah lagi jika terkena penyakit susah tidur (insomnia) yang memang sulit untuk memejamkan mata.

Kebutuhan tidur normal seseorang antara 7-8 jam perhari, jika waktu tidur kita kurang dari waktu normal akan mengakibatkan hormon stress dalam tubuh kita meningkat sehingga kita menjadi mudah marah. Begitu juga sel otak yang kinerjanya menjadi tidak maksimal, daya konsentrasi saat beraktivitas menjadi kurang bahkan frekuensi kemungkinan terkena penyakit flu akan menjadi tiga kali lipat lebih besar.

Sebenarnya aktivitas tidur adalah suatu aktivitas yang sangat menyenangkan, bagaimana tidak? setelah satu hari penuh mata di ajak melakukan aktivitas dan pada malam harinya digunakan untuk tidur untuk mengistirahatkan kelopak mata dan tubuh, tentu akan membuat tubuh menjadi fresh kembali. Tapi mengapa justru ada orang yang tidak dapat melakukan aktivitas tersebut. Ternyata setelah diteliti waktu tidur yang kurang selalu berhubungan kinerja otak, dan bukan hanya mempengaruhi kinerja otak saja, kurang tidur juga akan berimbas kepada menurunnya stamina dan daya tahan tubuh yang sudah habis digunakan untuk beraktivitas selama seharian penuh.

Tidur merupakan waktu dimana tubuh dan otak kita beristirahat serta waktu untuk merecovery stamina tubuh agar refresh kembali dan dapat beraktivitas pada keesokan harinya. Oleh karena itu, buatlah tubuh kita beristirahat pada malam hari, karena istirahat pada malam hari bisa memacu tubuh dan otak kita untuk kembali melanjutkan aktivitas hari berikutnya. Selain itu efek dari tidur pada malam hari melancarkan peredaran darah ke otak sehingga aktivitas otak kita menjadi lebih ringan tanpa ada aktivitas anggota tubuh yang lain pada malam hari.

Jadi jika kita tidak tidur pada malam hari bisa dibilang merugi, terutama bagi remaja yang sedang mengalami masa-masa tumbuh kembang ke masa kedewasaan. Apalagi remaja tersebut adalah seorang akademik, maka ia harus memenuhi kebutuhan waktu tidurnya pada malam hari dan jika tidak tentu akan mempengaruhi prestasinya. Untuk menambah daya tahan tubuh agar tetap terjaga staminanya dapat dibantu dengan mengkonsumsi vitamin atau lebih praktisnya memperbanyak konsumsi minum air putih agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. 

Pergunakan waktu untuk mengistirahatkan tubuh kita dengan maksimal, jika dapat berbicara tentunya tubuh kita akan selalu mengeluh karena sering kita pergunakan untuk beraktivitas berlama-lama tanpa jeda istirahat. Ada kata pepatah berbunyi "rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya, maka rajin tidur hemat tenaga, tidak mau tidur berarti mengharap bahaya". Semoga bermanfaat.

Posting Komentar
home