Unduh Adobe Flash player

Tips Komputer

Belajar Menganalisa Masalah 

Dewasa ini komputer sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia modern. Perusahaan-perusahaan, instansi pemerintah, lembaga pendidikan, sudah memanfaatkan komputer sebagai sarana untuk mempermudah pekerjaan atau sekedar mencari hiburan.

Pemanfaatan komputer akan menjadi lebih baik jika kita juga mengetahui sekaligus dapat mengatasi permasalahan yang sering muncul. Kurangnya pengetahuan dapat berakibat masalah yang besar, untuk itulah suguhan ini semoga menjadi manfaat bagi kita dalam mengatasi probolematika di komputer yang kita sayangi.

Komputer Lambat

Masalah:
Semakin lama kinerja komputer akan semakin menurun, hal ini dikarenakan banyaknya file yang digunakan dalam memproses sebuah aplikasi (low disk space), sehingga file temporary yang menumpuk membuat kapasitas penyimpanan ruang hardisk semakin bertambah.

Analisa Software:

1. Hardisk Penuh
2. Menumpuknya File Temporary
3. Aplikasi Menumpuk/banyak
4. Disk Clean Up
5. Virus

Solusi Software:

Hardisk Penuh karena aplikasi menumpuk/banyak
Banyaknya aplikasi yang diinstal menyebabkan pemrosesan aplikasi (loading) yang digunakan menjadi sangat lambat. Ruang (space disk) yang diperlukan untuk melakukan transfer file tidak mencukupi karena padat file sistem yang tertanam dalam file program.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan ketika muncul pesan low disk space.
Lakukan penghapusan file program dengan tidak men-delete karena ini justru akan merusak file program tersebut. Lakukan penghapusan program tersebut dengan cara:
Start-Setting-Control Panel - lalu klik Add or Remove Programs, lalu pilih aplikasi yang akan dihapus kemudian klik Change/Remove. Ikuti petunjuk yang disarankan hingga proses selesai.

Hapus Temporary File
File temporary yang tidak terpakai sebenarnya dapat dibuang, karena file yang berada di folder temp merupakan file yang dianggap file sisa. Penghapusan file pada folder temp ini dapat di delete langsung.

Clean DiskUp
Cara ini paling mudah dilakukan, yaitu cukup dengan membuka windows eksplorer kemudian klik kanan pada drive yang dituju lalu pilih properties. Setelah terbuka klik Disk Cleanup, ikuti petunjuknya sampai selesai lalu restart komputer.

Virus
Penyebab lambatnya kinerja komputer karena terinfeksi virus merupakan kendala yang sangat menjengkelkan. Untuk itu perlunya aplikasi antivirus terinstall di komputer kita untuk mencegah masuknya virus yang dapat merusak file system kita. Lalukan scan virus menggunakan aplikasi antivirus yang digunakan secara rutin, dan jangan lupa untuk selalu up to date antivirus.

Analisa Hardware:
1. Usia Memory
2. Hardisk Bad Sector
 
Solusi Hardware:
 
Usia Memory
Seperti manusia, umur memory juga berpengaruh dalam kinerja memproses file system pada komputer, hal ini sudah tentu akan sangat merepotkan. Kita dapat mengupgrade memory dengan kapasitas yang lebih tinggi dengan versi produk yang terbaru. Catatan: selama masih compatible mainboard tidak akan mengalami crash.

Hardisk Bad Sector
Jika hardisk yang digunakan telah mengalami kerusakan (bad sector) maka akan berakibat fatal, selain hardisk dapat mati tanpa pemberitahuan, file program atau data dokumen pun akan turut hilang jika kerusakan hardisk tersebut telah mencapai tingkat kritis. Gantilah harudisk jika sudah mengalami bad sector. Bad Sector pada hardisk ditandai dengan bunyi hardisk yang berisik ketika sedang digunakan.

Demikian beberapa tips sederhana ini, semoga bermanfaat.

Posting Komentar
home