Unduh Adobe Flash player

9.8.12

Memaknai Hari Kemerdekaan

Tinggal hitungan hari lagi seluruh rakyat indonesia akan merayakan hari kemerdekaan sejak tahun 1945 bangsa ini lepas dari penjajahan. Wujud peringatan kemerdekaan negara ini pun dirayakan oleh warga negara ini dengan berbagai cara diseluruh penjuru negeri. Semangat inilah yang perlu dilestarikan sebagai perwujudan rasa patriotisme para pejuang yang rela gugur membela bangsa ini hingga merdeka. Makna hari kemerdekaan ini merupakan semangat nyata bagi generasi penerus bangsa yang mendharma baktikan dirinya kepada bangsa ini. Rasa bela bangsa yang tinggi inilah yang kita perlukan demi menjaga keutuhan bangsa  dari kehancuran, kewajiban ini pula telah ada di pundak kita sejak lahir.


Tanggung jawab ini tidak ubahnya sebuah amanah yang diwariskan kepada anak cucu dari para pejuang terdahulu. Meneruskan pejuangan dalam arti kata mempertahankan integritas bangsa ini agar tetap utuh dari tangan-tangan asing yang memang menginginkan kehancuran bangsa ini. Kasus keluarnya pulau timor timur dari NKRI dan diambilnya ambalat dari pihak lain merupakan contoh nyata agar kita sebagai generasi penerus dapat  lebih maksimal dalam mempertahankan harga diri bangsa ini di mata dunia.

Munculnya berbagai problematika yang ada di negara ini memang sangat merisaukan. Mencuatnya kasus demi kasus, mulai dari kasus korupsi yang melibatkan aparatur negara sampai kasus kriminalitas, pembunuhan, perampokan, terorisme, sampai kasus gusur menggusur lahan warga, kian hari kian bertambah. Ibarat aliran air sungai yang tak pernah kering, problem itu terus muncul setiap hari.

Sedangkan disisi lain kita mengharapkan kehidupan yang nyaman dan tenteram. Bagaimana harapan itu dapat terwujud jika masalah internal bangsa ini terus mengalir tanpa hentinya. Bagaimana kita akan meneruskan cita-cita para pejuang kemerdekaan bangsa ini jika perilaku-perilaku yang mengotori martabat bangsa ini terus berlangsung.

Memang kita memiliki para penegak hukum yang dibentuk sebagai tameng untuk mempertahankan kedaulatan negara. Ditangan merekalah sejuta harapan bertumpu, namun partisipasi setiap warga lebih dibutuhkan. Peran serta warga negara dalam menjaga dan mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa akan lebih memperkokoh kedaulatan NKRI di mata dunia. Ditangan kitalah generasi penerus, kelangsungan dan kemajuan bangsa ini dipertaruhkan. Ditangan kitalah kekuatan bangsa ini akan tetap terjaga.

Mari kita maknai arti kemerdekaan yang telah diraih para perjuangan terdahulu dengan penuh semangat. Semangat berkerja demi pembangunan, semangat belajar demi mengejar ketertinggalan dengan bangsa lain. Dan sejuta semangat untuk kemajuan bangsa ini.

Posting Komentar
home