Unduh Adobe Flash player

8.8.12

Senangnya Membantu Orang Lain

Suatu kebanggaan tersendiri jika kita dapat membantu kesulitan saudara, teman atau orang lain. Membantu dalam hal mengatasi kesulitan yang sedang dihadapi oleh orang lain merupakan keharusan yang patut dipelihara dalam pribadi kita. Tidak banyak orang berfikir bahwa melakukan kebaikan untuk meringankan beban orang lain adalah suatu kewajiban kita sebagai manusia. 

Perilaku membantu ini tidak lepas dari ungkapan terima kasih sebagai wujud penghargaan balasan bagi yang terbantukan. Namun disisi lain perilaku ini juga dapat menimbulkan polemik, bahkan sering memunculkan kesenjangan sosial di masyarakat. Mungkin anggapan orang kaya lah yang seharusnya banyak membantu, ini anggapan umum yang lazim kita temui dimasyarakat. Pengertian bantuan adalah bersifat universal, tidak memandang status apa pun. 

Pandangan umum bila orang kaya melakukan bantuan, tentu yang terbesit dipikiran kita adalah bantuan tersebut berupa uang, maka kaitannya antara si kaya dan si miskin. Maka wujud penghargaannya pun tidak jauh berbeda dengan bantuan yang diwujudkan dengan tenaga, pikiran maupun model bantuan lainnya. 

Membantu orang lain adalah perwujudan rasa empati dan ucapan terima kasih juga tidak terlepas dari rasa empati yang murni dari orang yang ditolong. Jadi dimanakan letak perbedaannya. Jika si kaya dan si miskin salling membantu, si kuat dan si lemah melakukan hal yang sama, maka keduanya memiliki rasa empati yang sama pula. Sungguh senang rasanya membantu orang lain, bila kita mau memaknainya.

Posting Komentar
home