Unduh Adobe Flash player

3.5.12

Agent of Control

Sebagai kaum intelektual (Mahasiswa) yang berdasarkan keilmuannya dapat melihat segala kemungkinan yang terjadi dari penyelenggaraan negara di semua bidang. Adalah logis bila disebut mahasiswa dapat menawarkan solusi dan memiliki kritisasi terhadap penyelenggaraan negara berdasarkan kompetensinya sebagai komunitas intelektual atas dasar kepeduliannya terhadap kondisi.

Sebab dari komunitas ini memiliki agent of control yang mumpuni dengan jumlah kuantitatif mahasiswa. Sebagai kaum muda yang akan memimpin nakhoda pemerintahan, sebagian besar telah terwarnai dengan sangat pekat oleh obsesi pribadi serta menghilangkan kepekaannya terhadap kepentingan bersama, bangsa dan negera.

Sumber data masa depan ini justru akan menjadi sebuah ancaman, dan tidak hanya akan menambah jumlah pengangguran jika mahasiswa tidak menjadi solusi atas persoalan bangsanya sendiri karena sikap acuh dan egois terhadap permasalahan yang bersifat makro.

Saat ini kepedulian mahasiswa sudah menjadi hal langka, entah itu karena arus modernisasi atau karena sebab terjadinya perubahan budaya asli terkontaminasi dengan kebudayaan asing. Dan ketika sebagian mahasiswa hanya mampu kritis terhadap kepentingan elite politik, sebagian besar lainnya hanya diam melihat dan mendengarkan. Dengan keilmuan terapan yang dimiliki tidak banyak mahasiswa yang mau terjun langsung ke tengah masyarakat untuk memberikan solusi kemasyarakatan pada tataran objek bangsa ini yaitu rakyat. Dapat dilihat dari tawaran untuk melakukan perbaikan tarap kemampuan hidup atau kegiatan mencerdaskan kehidupan bangsa dan negaranya.

Dengan fakta hari ini yang terjadi, mahasiswa sudah menjadi spora dalam berbagai kepentingan politik pragmatis dan sedikit yang ideologis. Pragmatisme menjadi determinasi di berbagai level pergerakan dengan mengatasnamakan kepentingan bersama padahal ada kepentingan dibalik itu, sehingga rakyat kecil yang selama ini hanya menjadi penanggung penderitaan bangsa ini semakin teracuhkan. Sejarah membuktikan kekuatan agent of control mampu memberikan sumbangsihnya kepada perbaikan keadaan bangsa yang sangat memprihatinkan ini.

Posting Komentar
home