Unduh Adobe Flash player

10.5.12

"ODAPUS" - Bersahabat dengan Lupus

Adalah salah satu nama penyakit yang mungkin belum banyak orang yang tahu bahwa lupus adalah sebuah nama dari sebuah penyakit yang diakibatkan oleh virus yang menyerang pada kulit manusia. Tanggal  10 Mei adalah peringatan Hari Lupus Sedunia, dimana setiap tahunnya diperingati di seluruh dunia.

Pada awalnya nama Lupus diambil dari bahasa latin yang berarti anjing hutan. Hal itu disebabkan karena pada awalnya penderita penyakit ini seperti terkena gigitan anjing hutan, dan dapat dilihat dari beberapa bekas pada kulit si penderita. Beberapa pertana awal yang memungkinkan seseorang tersebut terkena penyakit lupus misalnya, ruam merah pada ke dua pipi berbentuk seperti kupu-kupu atau biasa disebut dengan butterfly rash, demam berkepanjangan, cepat lelah, rematik, anemia (kurang darah) sariawan tak kunjung sembuh, serta rambut rontok.

Dari tanda-tanda tersebut apabila seseorang menderita tiga diantara ketujuh tanda gejala tersebut maka disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan lebih awal agar dapat dipastikan bahwa terserang penyakit lupus atau tidak. 

Lupus merupakan penyakit autoimmune. Yaitu kekebalan yang dimiliki oleh setiap orang yang digunakan untuk melindungi dirinya tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Bahkan berbali menyerang diri sendiri, sehingga efek dari penyakit tersebut ialah dapat menyerang ataupun menimbulkan komplikasi pada bagian tubuh dibagian manapun. Penyakit ini juga memiliki berbagai jenis. Ada Lupus Discoid, dimana penderita hanya diserang pada bagian kulit saja, namun ada pula yang menyebutnya SLE (System Lopus Euritomatosus). Yaitu dimana penyakit tersebut membuat keterlibatan atau menyerang bagian organ tubuh yang lain. 

Kurang lebih 90% penyakit ini penderitanya kebanyakan dialami oleh wanita pada usia produktif antara 15 sampai 45 tahun. Dan hingga kini belum diketahui secara pasti apa penyebabnya dan dengan kata lain lupus tidak dapat disembuhkan, hanya si penderita diberi obat sejenis steroid yang berfungsi sebagai penahan kekebalan tubuh. Lalu mengapa kebanyakan menyerang pada kaum wanita?.

Berbagai kondisi seseorang yang terkena lupus telah mendapat vonis dan mendapat julukan Odapus (Penyakit seribu wajah). Dalam skala besar penyakit ini dapat menyerang ginjal dan bahkan otak. Jika seorang Odapus sebelum terjadi komplikasi, dianjurkan harus memiliki pola hidup teratur, patuhi jam-jam makan, istirahat dan berolah raga secara konsisten dan tidak boleh lelah serta sesuaikan aktivitas fisik dengan kemampuan dirinya.

Kondisi kejiwaan si penderita juga perlu diperhatikan, berpikiran positif, sebisa mungkin menghindari kontak langsung dengan sinar matahari, dikarenakan seorang odapus termasuk alergi dengan sinar matahari karena dapat memicu kekambuhan penyakitnya.

Dan hal yang terpenting adalah harus menerima keadaan yang dialaminya serta berusaha bersahabat dengan lupus. Tidak ada gunanya seorang odapus meratapi nasib dan larut dalam kesedihan lantaran penyakit yang dideritanya. Oleh karena itu bagi seluruh penderita odapus selalu tanamkan dalam hati semangat untuk hidup, karena semangat terbesar berasal dari dalam diri sendiri. "I'm Odapus, but I'm Okay!".

Survivor to celebrate the world of Lupus. "Hope It's Still and Always There".

Posting Komentar
home