Unduh Adobe Flash player

26.8.12

Manfaat Susu Fermentasi

Siapa suka minum susu? apabila susu dikonsumsi dengan teratur setiap hari akan sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh. Minuman kesehatan ini ternyata bukan hanya disukai oleh anak-anak saja, namun orang dewasa pun banyak yang meminum susu. Sudah banyak merk dan bentuk minuman ini dijual, dari yang berbentuk bubuk sampai cream, dari hypermarket sampai warung kaki lima, dan sudah tidak diragukan lagi akan khasiat serta manfaat meminum minuman kesehatan ini. Ada lagi yang sekarang telah populer dimasyarakat, yaitu susu fermentasi. Bahan dasar utama minuman ini juga susu seperti biasanya.

Berdasarkan penelitian susu fermentasi ini mengandung kuman yang bermanfaat bagi pencernaan karena mengandung lactobacillus, yaitu genus bakteri gram-positif, anaerobik fakultatif atau mikroaerofilik. Genus bakteri ini membentuk sebagian besar dari kelompok bakteri asam laktat. Mengapa dinamakan demikian, karena bakteri ini dapat mengubah laktosa dan gula lainnya menjadi asam laktat. Dan kebanyakan dari bakteri ini umumnya tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Dalam tubuh manusia, bakteri ini dapat ditemukan di dalam alat kelamin wanita dan sistem pencernaan, dimana bakteri ini bersimbiosis dan merupakan sebagian kecil dari flora usus. Banyak spesies dari lactobacillus memiliki kemampuan membusukkan materi tanaman yang sangat baik. Karena produksi asam laktat yang membuat lingkungannya bersifat asam sehingga mengganggu pertumbuhan beberapa bakteri lain yang merugikan kesehatan tubuh, dan beberapa anggota genus ini juga memiliki genom sendiri.

Beberapa spesies lactobacillus sering digunakan untuk industri pembuatan yofurt, keju, sauerkraut, acar, bir, anggur (minuman), cuka, kimchi, cokelat, terasi dan makanan jenis lainnya hasil dari fermentasi, termasuk juga pakan hewan seperti silase. Jenis produksi ini pun dapat kita beli di toko-toko disekitar kita dengan harga yang bervariasi tergantung dari bentuk dan kemasan yang dijual. 

Oleh karena itu jenis minuman susu fermentasi ini sangat baik dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selama tidak ada keluhan pencernaan, diperbolehkan mengkonsumsi secara rutin jenis minuman ini, bahkan sebagian orang menganjurkan untuk konsumsi setiap hari. Namun perlu juga diperhatikan dalam mengonsumsi jenis minuman ini tidak dianjurkan meminum secara berlebihan.

Posting Komentar
home