Unduh Adobe Flash player

6.8.12

Tips: Mengatasi Wajah Berminyak

Siapa yang tidak menginginkan wajah terlihat bersih dan bersinar tanpa noda? kemungkinan besar semua menjawab "aku ingin wajahku bersih". Lalu bagaimana jika wajah kita terlihat seperti terlumuri minyak (berminyak). Sekilas jika diperhatikan raut wajah yang mengkilap seperti terlumuri minyak bukan hanya dialami oleh kalangan remaja saja, namun sampai usia lanjut pun keadaan ini kerap kali masih dapat kita jumpai.

Lalu apakah penyebab yang mempengaruhi wajah sehinga menjadi berminyak?

Menurut dokter spesialis kulit mengatakan, kemungkinan hal ini terjadi dikarenakan faktor genetik (keturunan) yang bisa dikatakan sangat berperan sekali menyebabkan kulit menjadi berminyak. Bila kita amati orang tua yang mengalami masalah kulit berminyak akan sangat dominan sekali anaknya pun juga mengalami hal yang sama. 

Namun tidak hanya faktor keturunan saja yang dapat menyebabkan kulit menjadi berminyak. Kebiasaan pola makan yang buruk pun dapat menjadi penyebab meningkatnya kadar minyak muncul dipermukaan kulit wajah. Ditambah faktor hormon yang tidak seimbang atau pada saat masa puber juga bisa menjadi pemicunya. Sebab lain, dalam pemilihan jenis kosmetik yang tidak sesuai dengan tipe jenis kulit wajah atau kosmetik yang memang berbahan dasar minyak juga dapat memicu peningkatan kadar minyak di area wajah.

Sebagai solusi dalam mengatasi kulit berminyak, yang bersangkutan harus mengurangi mengonsumsi jenis makanan yang berminyak serta menghindari pemakaian jenis kosmetik atau pelembab wajah yang mengandung minyak. Langkah bijak dalam pemilihan kosmetik adalah dengan melihat komposisi bahan yang digunakan. Selain itu jangan menggunakan sabun yang mengandung alkohol berlebih serta menghindari stress. Atau jika memiliki kemampuan keuangan dapat melakukan terapi wajah menggunakan alat khusus seperti chemical peeling atau laser.

Posting Komentar
home