Adsense

18.10.12

Guru Yang Baik

Bagi seorangpembelajar sejati menjadi diri sendiri munkin bukan hal yang sulit. Tapi bagi beberapa orang hal itu bisa menjadi sesuatu hal yang sukar dilakukan. Menjadi diri sendiri bukan hanya sekedar konsep, kalau dipelajari langsung bisa membutuhkan waktu serta komitmen dan tanggung jawab yang besar untuk mengaplikasikannya. 

Menjadi seorang guru bagi diri sendiri adalah suatu kata yang bijak. Kata yang mengungkapkan bahwa sebelumnya bisa menjadi guru bagi orang lain, jadilah guru bagi orang lain. Ungkapan yang sederhana tapi bermakna sebagai cerminan diri. Menjadi guru yang baik bagi diri sendiri maupun orang lain adalah ketika kita mampu meneladani kebaikan yang dilakukan dalam sikap, perbuatan, perkataan dan hati kita sepenuhnya.

Jika kita mampu mengimplementasikan nilai-nilai kebaikan, menjaganya baik dalam sikap, lisan dan hati serta mampu mengajak sekeliling kita untuk ikut pula menjaga kebaikan itu. Kuncinya adalah pahami terlebih dahulu siapa sebenarnya sosok diri kita. Seperti apa kekurangan dan kelebihan yang ada pada diri kita. Mengenal diri sendiri, berarti mengetahui dahulu apa yang ada pada diri kita. Sumber dari seorang guru.

No comments:

home