Unduh Adobe Flash player

18.10.12

Mengajak Anak Mengenal Lingkungan

Anak merupakan anugrah dari yang maha kuasa, yang harus dijaga dan dididik. Orang tua tentu memiliki tugas dan peran penting dalam mendidik anak agar menjadi pribadi yang berkualitas. Pada masa emasnya mulai umur 1-6 tahun, anak-anak akan tumbuh dan berkembang sesuai cara orang tuanya mendidik mereka. Termasuk dalam mengenalkan lingkungannya. Pada masa usia itu terutama memasuki usia pendidikan dini atau play group, pendampingan kepada anak perlu intens dilakukan oleh orang tua. Ini penting karena seseorang perlu mengenal lingkungan diluar rumahnya dan mengenal orang lain setelah keluarganya.

Ketika anak mengenal lingkungan barunya untuk pertama kalinya mungkin akan bingung, karena itu anak akan merasa nyaman jika orang tua mendampinginya. Hal ini perlu latihan yang rutin secara perlahan dan bertahap tanpa menimbulkan kecemasan pada anak. 

Pada pendidikan informal atau taman bermain, pendamping (wali murid) akan mengantarkan anak ke dunia pendidikan formal. Jika ditaman bermain sudah baik, maka pada waktunya nanti anak itu akan memasuki pendidikan formal yang baik pula. Proses adaptasi dari lingkungan keluarga barunya seperti taman bermain atau play group dilakukan ketika anak telah memasuki periode emasnya, karena pada masa ini anak telah memasuki masa pembentukan karakter dan sistem kerja otak.

Dengan demikian untuk melihat cara belajar anak, sistem yang dipakai dalam belajarnya pun berbeda dengan pendidikan anak yang telah memasuki pendidikan formal. Yakni dengan menggunakan metode pengembangan yang meliputi aspek, sosialisasi motorik, kognitif, dan pengembangan bahasa. Sehingga pada waktu anak memasuki pendidikan formal akan lebih optimal dalam menyerap informasi. Peran orang tua di rumah pun sangat penting dalam hal ini dibutuhkan kerja sama guna mendukung anak pada lingkungan taman bermain dengan program mengedukasi, orang tua memberikan orientasi tentang program sekolah kepada anak. 

Untuk menunjang anak dalam mengimplementasikan  pelajaran yang diperoleh disekolah, orang tua sebaiknya mengakomodasikan kebutuhan yang diperlukan anak melalui cara yang menyenangkan seperti lagu, bermain, makanan, mainan, dan sebagainya. Pendampingan orang tua yang dilakukan kepada anak pada saat anak memasuki masa prasekolah  tidak kalah pentingnya peranan orang tua menjalin hubungan komunikasi kepada guru atau lingkungan sekolah. Sebab setiap anak akan memiliki kebutuhan yang berbeda anata satu dengan yang lainnya.

Seperti anak yang memiliki karakter pendiam, mungkin saja ia memiliki masalah. Berbeda dengan anak yang berkarakter pemberani, keadaan demikian yang perlu disampaikan orang tua kepada guru atau pihak sekolahnya. Selama proses belajar dengan lingkungan barunya, orang tua anak bertugas meyakinkan anak bahwa lingkungan luar ternyata menyenangkan. Orang tua harus memberikan gambaran bahwa belajar sesuatu yang menyenangkan berada diluar lingkungan rumahnya. Dari berbagai sumber.

Posting Komentar
home