Unduh Adobe Flash player

7.12.12

Menjaga Kesehatan Telinga

Telinga merupakan indera yang vitas bagi manusia, selain berfungsi sebagai alat pendengaran fungsi lain dapat dijadikan alat untuk menyerap ilmu pengetahuan. Namun apa jadinya jika alat pendengaran kita tersebut mengalami masalah?. Sudah tentu akan menjadi pekerjaan tambahan bagi kita dalam perawatan indera tubuh untuk yang satu ini. Umum masalah yang dialami oleh telinga adalah berdengung atau bising. Tentu dalam menjalani aktivitas sehari-hari akan menjadi terganggu, maka jika hal ini dialami oleh salah satu atau keduanya segeralah mengkonsultasikan hal tersebut kepada dokter spesialis THT agar ditemukan solusi terbaiknya.

Gangguan telinga daalam istilah medis kedokterannya disebut tinnitus yang merupakan salah satu gejala dari beberapa penyebab gangguan telinga yang terjadi akibat adanya infeksi pada telinga. Beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan telinga berdengung bahkan berair adalah adanya benda asing yang secara sengaja atau tidak masuk hingga melukai area dalam telinga atau juga diakibatkan karena suara yang terlalu keras. Hal lain pula dapat dipengaruhi oleh kondisi kejiwaan kita yang tidak stabil, seperti mengalami stress. 

Tinnitus dapat terjadi ketika seseorang mengalami kondisi kejiwaan yang tidak normal, tertekan oleh beban masalah hidup yang dipikirkan, depresi dan sebagainya. Gejala stress yang terjadi seperti perasaan cemas yang berlebihan serta sering bersikap emosional dan diluar kontrol sangat mempengaruhi terhadap terjadinya tinnitus pada telinga. Sebab lain karena alergi dapat menjadi penyebab lain dari tinnitus ini. Alergi dapat menjadi pemicu timbulnya lendir pada bagian tengah telinga. Dan bila kondisi demikian tidak segera diatasi maka akan dapat menyebabkan tekanan yang lebih besar lagi dan jika kondisi tersebut dibiarkan secara terus menerus maka bukan mustahil infeksi dalam telinga akan menjadi lebih parah lagi.

Kemungkinan lain yang belum banyak diketahui adalah meniere's diease yang merupakan gangguan telinga di bagian dalam telinga. Untuk diketahui, selain sebagai alat pendengaran telinga pun berfungsi dalam mempengaruhi keseimbangan tubuh. Dimana Meniere's diease ini dapat dilihat dari kondisi telinga yang sedang berdengung. 

Untuk menjaga agar alat pendengaran kita tetap sehat adalah dengan memeriksakan sesegera mungkin ketika telinga kita mengalami masalah seperti, selalu berdengung bahkan sampai mengeluarkan lendir. Dengan memeriksakan diri ke dokter spesialis merupakan langkah yang tepat untuk mengetahui apakah gangguan pada telinga kita tersebut merupakan tinnitus atau hanya gangguan biasa. Dan yang perlu diwaspadai adalah jika telinga kita berdengung dalam waktu lama dan tidak hilang, maka segeralah memeriksakan diri ke dokter, dikhawatirkan ada gangguan lain pada telinga kita. Dari berbagai sumber.

Posting Komentar
home