Unduh Adobe Flash player

6.12.12

Merawat Tubuh Setelah Melahirkan

Bagi kaum wanita yang terlahir dengan fitra melahirkan tentu memiliki masalah tentang bentuk tubuh, apalagi bagi wanita yang pasca melahirkan anak tercintanya. Bagi kebanyakan wanita yang bergelut dalam dunia kerja tentunya hal ini menjadi masalah yang harus segera di atasi, karena selain menjaga keindahan tubuh agar tetap terlihat menarik, juga dapat menambah rasa sayang terhadap pasangan hidupnya.

Wanita yang telah melewati masa kelahiran secara alami bentuk tubuh pasti akan berubah, terutama pada bagian perut yang mudah sekali terlihat. Selain itu kulit akan menjadi lebih kendur bahkan sampai terlihat kusam dan terkesan kasar jika di raba. Oleh karena sifat elastis yang dimiliki oleh pigmen kulit tersebut maka kendurnya pada permukaan kulit setelah melahirkan dikarenakan adanya peregangan kulit oleh sebab terjdinya peningkatan berat badan semasa kehamilan dan akhirnya dapat berakibat munculnya garis-garis berwarna agak kehitaman pada sekitar kulit perut yang mengendur. Efek lain dari pasca kelahiran, struktur kulit yang sebelumnya halus kini menjadi bergaris kasar dan terlihat pecah pada permukaan kulit, bila dapat diumpamakan seperti kulit jeruk. Dan peristiwa tersebut pasti terjadi pada wanita setelah melahirkan.

Untuk dapat memulihkan kondisi tersebut kembali normal, banyak kaum wanita melakukan perawatan kulit dan tubuh, ada yang secara tradisional seperti minum jamu, ada pula yang sampai melakukan terapi dengan alat yang modern. Sebenarnya dengan melakukan perawatan yang sederhana saja kondisi tersebut akan berangsur kembali normal, cukup dengan melakukan olah raga secara rutin minimal tiga kali dalam satu minggu, atau minum ramuan herbal yang aman bahan kimia seperti jamu. Namun diajurkan minum jamu ramuan sendiri agar kualitas higienis jamu tersebut tetap terjamin. 

Selain itu juga dapat menjaga pola konsumsi dengan memperbanyak makan buah dan sayuran, karena konsumsi makanan ini sangat bagus untuk wanita yang sedang menyusui, agar kualitas ASI untuk si bayi dan upayakan menghindari mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung bahan-bahan kimiawi, agar kualitas ASI tidak terkontaminasi oleh bahan-bahan tersebut. Kemudian menjaga pola makan tetap sehari tiga kali dengan porsi yang sedikit dikurangi serta menjaga kebersihan tubuh setiap hari. 

Bagi kaum wanita dalam upaya mengembalikan bentuk tubuh agar terlihat ramping pasca melahirkan memang memerlukan ketekunan serta keseriusan, dan tidak jarang pula ada wanita yang setelah melahirkan mengabaikan bentuk tubuhnya yang berubah dengan alasan tidak mau repot dan sebagainya. Namun hal ini tidak dapat berlaku bagi wanita yang telah berkecimpung dengan dunia kerja (karir) terutama dunia fashion atau entertaiment, yang mengharuskan penampilan adalah menjadi prioritas utama bagi kepentingan publik.

Tips agar dapat terjaga dan sekaligus mengembalikan bentuk tubuh seperti semula harus dengan menjaga pola makan, seperti tidak makan setelah pukul tujuh malam, berkonsultasi dengan bidan untuk perawatan kesehatan dan bila perlu konsultasi dengan spesialis kulit dan kecantikan agar dapat menambah pengalaman, atau juga dapat menambah wawasan dengan referensi dari buku-buku tentang perawatan ibu setelah melahirkan, dari majalah-majalah atau internet.

Dan untuk mengembalikan kondisi berat badan pasca melahirkan, hendaknya melakukan perawatan tubuh dengan tetap rajin berolah raga ringan setiap hari dan tetap berkonsultasi kepada dokter ahli yang sebelumnya menangani atau melakukan perawatan ketika waktu hamil. Karena pasca melahirkan seorang wanita tidak diperbolehkan melakukan diet dengan maksud untuk pelangsingan tubuh, sebab akan berakibat buruk pada kelancaran ASI si bayi. Yang menjadi catatan penting  adalah, jangan terbebani dengan perubahan bentuk tubuh pasca melahirkan, karena secara alamiah akan kembali normal seperti semula walau tidak sepenuhnya. Hanya dengan melakukan perawatan tubuh secara rutin perubahan tersebut akan kembali seperti semula. Berdasarkan Sumber Forher.

Posting Komentar
home