Unduh Adobe Flash player

31.5.12

Kesehatan Aset Terbesar Manusia

Kesehatan merupakan aset terpenting manusia. Investasi kesehatan akan menentukan berapa lama atau singkat manusia akan hidup. Jika dilihat dari umur manusia berdasarkan data statistik yang dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan adalah: pada abad 21 kebanyakan manusia hidup rata-rata mencapai kisaran umur 60 sampai 75 tahun, dan banyak juga yang meninggal pada usia muda. 

Lalu apakah yang dimaksud dengan kesehatan? Kebanyakan kita menganggap bahwa sehat itu tidak sakit jasmani atau tidak berpenyakitan. Badan Kesehatan Dunia WHO menyatakan bahwa Kesehatan adalah suatu keadaan sehat jasmani maupun rohani serta sosial ekonomi. 

Bagaimana langkah selanjutnya untuk merubah hidup kita agar menjadi lebih sehat?. Perilaku gaya hidup yang sehat tidak bisa dihindarkan. Tapi ada beberapa orang berfikir bahwa mereka bisa saja melakukan kebiasaan buruk, memperlakukan tubuhnya dengan tidak baik atau mempunyai kebiasaan yang tidak sehat. Untuk menjadi sehat tentunya kita harus berbuat sesuatu atas diri kita sendiri, atau membuat suatu komitmen untuk melakukan sesuatu yang sehat setiap harinya. 

Mengonsumsi makanan yang seimbang dan sehat adalah perilaku bijak terhadap tubuh kita. Alasan untuk beberapa penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung bahkan arthritis atau radang sendi adalah Nutrisi yang buruk. Untuk menjadi sehat kita harus berhati-hati terhadap makanan yang menjadi sumber asupan nutrisi bagi tubuh. Keseimbangan makanan yang baik dari sayur dan buah-buahan dengan kecukupan air yang bermineral tentu saja akan memelihara tubuh dan menyediakan bahan-bahan untuk tubuh memperbaiki dan membentuk ketahanan tubuh.

Pada awal abad 20-an, pembunuh manusia nomor satu adalah bakteri, setelah diteliti lebih mendalam pembunuh nomor satu tersebut ternyata Stress. Seseorang yang memiliki perasaan negatif atau perasaan marah kepada orang lain akan menghadapi timbulnya berbagai penyakit fisik seperti, hipertensi, radang atau infeksi, sakit kepala dan beberapa gejala lain yang biasa dialami oleh orang yang selalu merasa cemas, marah atau benci. Oleh sebab itu langkah pertama yang harus kita lakukan adalah dengan melepaskan semua perasaan negatif, rasa marah, dan rasa benci serta rasa pesimis. Disadari atau tidak ternyata untuk pemeliharaan kesehatan supaya tetap baik dan terjaga diperlukan kerja keras.

Dengan mengembangkan sikap dan pikiran positif pada kebiasaan sehari-hari dimulai sejak kita bangun pagi adalah suatu langkah kecil dalam menjaga sikap mental kita. Mulailah untuk belajar kebiasaan memaafkan, belajar melepaskan perasaan sakit yang tersembunyi di dalam hati dan mulai bersikap ceria dan rileks. Untuk meningkatkan kesehatan, percaya atau tidak adalah dirmulai dari hal yang paling mudah yaitu, Tersenyum. 

Posting Komentar
home