Unduh Adobe Flash player

31.7.12

Nutrisi Sehat Ibu Hamil

Makanan yang mengandung nutrisi sangat baik bagi kesehatan, karena disaat pertumbuhan tubuh berlangsung sangat diperlukan makanan-makanan yang mengandung nutrisi tinggi, terutama wanita hamil beserta pertumbuhan bayi yang dikandungnya seperti folat, serat dan zat besi. Ada beberapa makanan yang mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan selama kehamilan ibu yang mudah ditemukan disekitar kita. 

Daun Bawang
Daun bawang merupakan sumber nutrisi yang baik bagi wanita hamil karena didalamnya terdapat kandungan nutrisi seperti folat, zat besi, vitamin C, vitamin B6, serat, kalsium juga magnesium.

Kemangi
Dalam daun kemangi terdapat sumber vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B6, vitamin K, fosfor, riboflavin, niasin, serat makanan, kalium, magnesium, seng, tembaga dan mangan juga mengandung zat besi yang berguna untuk menjaga energi tubuh.

Biji Wijen
Biji wijen mengandung asam lemak omega-6 yang dibutuhkan untuk integritas sel, fungsi sistem syaraf yang sehat serta kekebalan tubuh. Kecukupan nutrisi bagi perkembangan kelenjar susu, plasenta dan rahim tergantung dari asupan nutrisi. Oleh karena itu sangat baik jika wanita hamil mengkonsumsi jenis makanan ini selama kehamilannya.

Kacang Pinto
Yaitu sejenis kacang tanah yang berukuran kecil dan berbagai jenis kacang lain yang pada umumnya mengandung serat, zat besi, kalsium dan fosfor. Zat besi sangat penting untuk membuat hemoglobin, zat dalam sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru kepada bayi. Fosfor dan kalsium berguna untuk memastikan bahwa tulang bayi dan gigi tumbuh dengan sehat.

Biji Labu
Biji labu mengandung protein dalam jumlah yang tinggi, karena makanan yang mengandung protein tinggi akan membuat otot-otot dapat bekerja lebih baik. Hal ini sangat dibutuhkan bagi wanita hamil karena ketika rahim mulai tumbuh, otot punggung, perut dan pinggul memerlukan kekuatan yang cukup ekstra untuk meregang.

Ikan Hering
Ikan hering mengandung 2 gram asam eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) yang merupakan salah satu konsentrasi tertinggi dari kandungan minyak ikan yang baik bagi pertumbuhan otak bayi. 

Molases (Tetes Tebu)
Selain memiliki rasa yang manis, molases juga memiliki kandungan gizi seperti magnesium, mangan, dan vitamin B6. Mangan merupakan mineral yang berperan penting dalam pembangunan tulang bayi. Vitamin B6 berperan sebagai cadangan natrium-fosfor yang berperan untuk menentukan banyaknya air yang ada dalam tubuh. Kalium merupakan mineral lain yang terlibat dalam retensi air. Vitamin B6 yang cukup dan potasium dapat membantu mengecilkan bengkak yang terjadi pada pergelangan kaki yang kebanyakan diderita wanita di saat hamil.

Buah Kurma
Kandungan biji kurma terdapat kalsium, fosfor, kalium dan magnesium yang berguna untuk perkembangan pembentukan gigi di bawah gusi bagi bayi dalam kandungan. Buah kurma juga merupakan sumber zat besi yang baik, karena kekurangan zat besi disaat hamil dapat menyebabkan anemia.
Anemia yang terjadi di saat kehamilan disebabkan meningkatnya volume darah dan produksi jutaan sel darah merah. Selain itu buah kurma mengandung vitamin K yang diperlukan sebagai pembentukan darah dan tulang.

Posting Komentar
home