Unduh Adobe Flash player

18.9.12

Tanaman Beraroma Penenang Pikiran

Disekitar kita terdapat tanaman yang banyak mengandung manfaat, baik untuk kesehatan seperti dibuat jamu-jamuan, untuk dikonsumsi seperti bayam sebagai sayuran dan banyak manfaat lagi bagi manusia. Salah satu yang dapat kita ambil manfaatnya adalah sebagai aroma penenang pikiran. Kok bisa ya...?? Sebagai contoh bunga melati atau bunga lavender yang mengeluarkan aroma harum bila dicium. 

Tanaman ini mudah sekali ditemukan, bahkan kita bisa menanamnya di area pekarangan rumah kita sendiri. Berikut tanaman yang mempunyai aroma penenang pikiran (arometherapy) antara lain:

Bunga Melati
Aroma bunga melati dipercaya dapat membantu perempuan hamil untuk mengetahui kapan waktu akan melahirkan. Aroma bunga melati juga dapat membantu melancarkan proses kontraksi saat persalinan, "duh sempet gak ya ngirupnya....". Selain itu dipercaya dapat mengurangi kegelisahan, dapat mengatasi berbagai masalah menstruasi dan menopause. Percaya atau tidak, aroma harum yang dikeluarkan bunga melati memang sangat bagus untuk merelaksasi pikiran disaat sedang tegang maupun stress, maka wajar aroma bunga melati dapat membantu menenangkan pikiran.

Buah Jeruk

Tentu kita sudah tidak asing dengan buah jeruk, selain enak untuk dibuat aneka jenis minuman dari segi manfaat yang lain buah jeruk dapat memberikan efek lebih baik bagi kesehatan, banyak yang suka mengkonsumsi buah jeruk terutama anak-anak. Vitamin yang terkandung didalamnya memiliki fungsi sebagai penangkal radikal bebas yang dapat merusak DNA dan penangkal terjadinya penyakit kanker usus besar. Aroma jeruk yang khas dapat memberikan efek nyaman dan menenangkan pikiran.

Bunga Lavender

Bunga lavender satu diantara bunga-bunga lainnya yang manfaat besar. Aroma bunga lavender yang berwarna ungu ini sangat baik untuk menenangkan pikiran dan membantu seseorang agar cepat tertidur. Bunga lavender berperan mengatasi depresi pikiran bila pengobatan alternatif tidak memberikan hasil. 

Lemon

Menghirup aroma lemon segar tidak hanya membuat seseorang lebih tenang dan nyaman, aroma lemon ini juga membantu meningkatkan konsentrasi pikiran. Bagi pecandu buah ini cara yang bagus untuk dinikmati adalah dengan mencampurkan kedalam minuman teh yang berguna juga untuk mengurangi terjadinya tingkat kesalahan pada pekerjaan yang sedang  kita lakukan.

Aroma Dewi Cinta
Yang dimaksud dengan aroma dewi cinta yaitu aroma khusus yang khas dihasilkan dari beberapa macam tanaman diantaranya bunga kenanga, buah cengkih, buah pala, daun vanili, bunga mawar dan melati. Aroma dewi cinta ini bermula sejak jaman Yunani ketika Aphrodite akan merayu Zeus hingga kini menjadi ramuan yang bagus sebagai parfum. Dari berbagai sumber.

Posting Komentar
home