Unduh Adobe Flash player

7.10.12

Masih Seputar Guru

Berbicara tentang strategi pengajaran peranan guru memang paling penting dalam dunia pendidikan. Betapa tidak, dari tangan seorang guru telah banyak tercipta generasi yang handal dan kompeten dalam bidang keilmuannya masing-masing. Dapat kita lihat perkembangan keilmuan sekarang ini yang sudah makin maju, ternyata tak luput dari peran serta seorang guru dalam mendedikasikan dirinya dalam dunia pendidikan. Seorang guru harus memiliki strategi mengajar yang jelas, kompetensi seorang guru juga harus lebih baik.

Tanpa strategi yang jelas maka penyelenggaraan pembelajaran tidak akan berjalan sesuai yang diinginkan dan akan berdampak kegagalan, gagal dalam menanamkan materi keilmuan, gagal dalam pendisiplinan ilmu dan juga gagal dalam membentuk moralitas intelektual. Strategi tersebut yang sekarang diwajibkan oleh pemerintah pusat sebagai ajang kompetensi sesama guru dengan diselenggarakan pembuatan karya ilmiah guru. Tanpa strategi yang jelas maka kebijakan tersebut akan gagal dan berjalan tidak sesuai yang diharapkan.

Selama ini pemerintah hanya menyelenggarakan pelatihan-pelatihan saja, namun masih saja belum efektif, teknisnya hanya memberitahu guru tata cara membuat karya ilmiah, namun dalam mengaplikasikan masih menemui banyak kesulitan. Kondisi tersebut akan berbeda apabila pemerintah memberikan pembinaan, yaitu pembinaan yang dilakukan secara terus menerus selama guru belajar mengaplikasikan kegiatan membuat karya ilmiah, diibaratkan seperti mahasiswa dalam membuat skripsi.

Metode yang digunakan bisa beragam tergantung kondisi lokasi sekolah tempat guru mengajar. Proses bimbingan tidak harus dilakukan dengan pertemuan secara langsung, namun dapat dimanfaatkan fasilitas internet sebagai media bimbingan. Dengan memanfaakan fasilitas dunia maya diharapkan pula pemerintah dapat melakukan pemeriksaan secara profesional dan terbuka yaitu dengan memisahkan antara pemeriksa dengan pembina, karena kenyataan dilapangan, pembimbing juga sebagai pemeriksa. Hal inilah yang dapat menimbulkan kecurangan-kecurangan.

Pemeriksaan secara terbuka dapat dilakukan dengan menyampaikan hasil karya ilmiah tulisan guru tersebut kepada public untuk diketahui hasil implementasi yang sebenarnya sekaligus sebagai bahan memotivasi bagi para guru yang ingin menaikkan pangkat dan golongannya. Disamping itu sebagai bahan pembelajaran yang lain bagaimana menulis karya ilmiah dengan baik dan benar. Kewajiban ini seharusnya tidak menjadi momok bagi para guru, karena selama ini guru masih belum mandiri secara pribadi dan masih terdapat kebiasaan meminta bantuan orang lain, hal itu akan menjadikan mutu seorang pendidik akan menjadi buruk dalam dunia  pendidikan.

Dengan diterapkannya kebijakan pemerintah pusat melalui Permenpan nomor 16 tahun 2009 diharapkan kebijakan ini akan menjadikan kompetensi guru menjadi lebih baik dan dengan bantuan pemerintah dalam menerapkan strategi yang tepat, maka kualitas dan kuantitas guru akan mampu menaikkan derajat para pendidik menjadi pendidik yang profesional, pandai mengamati fenomena pembelajaran didalam maupun diluar kelas sehingga mampu melakukan kajian ilmiah yang lain apabila menemukan metode baru untuk kondisi pembelajaran tertentu.

Posting Komentar
home